22
Apr
08

Membuat Partisi Harddisk baru, tanpa menginstall OS

Bagi anda yang mencoba meng upgrade PC anda, terutama mengupgrade harddisk drive nya, tentunya kita diharuskan untuk mempartisi dan memformat harddisk baru tersebut. masalah akan timbul bila kita ingin tetap mempertahankan harddisk lama dan OS yang ada di dalamnya. untuk membuat partisi pada harddisk baru tersebut, ada beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan perintah DOS di windows XP yaitu diskpart. cara ini agak sulit.

cara yang lebih mudah adalah menggunakan partition magic , software khusus untuk membuat partisi yang dijalankan di OS (windows dll). caranya sangat mudah, tinggal menggeser-geser bar sesuai besar partisi yang akan kita buat.

tentunya akan lebih bijak jika kita mem back up data-data penting di Harddisk lama anda, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

untuk memformat harddisk yang sudah dipartisi tersebut, anda dapat membuka disk management pada XP anda. buka my computer–> klik kanan pada icon my computer –> manage –> disk management.

dapat juga lewat control panel.

32 Responses to “Membuat Partisi Harddisk baru, tanpa menginstall OS”


  1. Kamis, 1 Mei 2008 pukul 7:47 am

    Aja lali mas link nggon dunlud e…
    Partition Magic 8.5 42,443 KB
    Partition Magic 8.2 Full 25,745 KB

  2. 2 wahyu
    Kamis, 29 Januari 2009 pukul 8:38 am

    bagaimana cara menggunakan hardisk baru, jika harddisk lama telah tidak dapat digunakan?
    cara ngeburn hardisk baru,mempartisi, sampai bisa digunakan?

  3. Minggu, 1 Februari 2009 pukul 2:19 pm

    Buat mas wahyu.. Untuk memformat dan mempartisi harddisk baru di pc yg harddisk lama rusak atau ga ada harddisk sama sekali, gampang saja, anda tinggal menginstall nya dng OS, misal windows XP, maka sebelum masuk ke perintah install, akan ada pilihan memformat dan mempartisi harddisk..

  4. 4 qwerty
    Sabtu, 4 Juli 2009 pukul 2:21 pm

    mas saya beli hard disk baru.
    Jadi hard disk saya ada 2
    yang lama & baru..
    trus pas baru nyala kompi saya cuma ga ngasih respon apa2
    cuma background hitam dan kursor putih kecil kedap-kedip dipojok kiri atas..

    trus gimana tuh…

    • Selasa, 18 Agustus 2009 pukul 10:58 am

      berarti gagal booting tu mas, jangan lupa mas masang harddisk lama yang ada OS nya (windows ato yang lain) yang di utama, primary. yang baru diparalel alias di slave.jadi urutan booting nya dari hard disk lama yang ada OS nya. hardisknya yang baru jangan lupa diformat dulu mas, trus dipartisi..

  5. 6 ucok
    Kamis, 1 Oktober 2009 pukul 6:34 am

    bos.. saya punya hardisk 40 gb.
    pada saat saya instal ulang win xp, ada kesalahan krna hardisk saya jdi singel partisi. cuma adg partisi C.
    gimana cara membagi nya ya..

  6. 8 Wira
    Kamis, 8 Oktober 2009 pukul 9:26 am

    Bro…gw br beli netbook dgn hardisk 160gb.trus gw instal partition magic 8.0 buat nambah partisi (kondisi awal cm 1 partisi) tp malah muncul pesan softwarenya ga bs detect device.gw jd bingung gmn caranya nih buat nambah partisi tanpa setup windows ulang (windowsnya original soalnya).apa partition magic 8.0 ga jalan di windows xp sp.3 ya?ato partition magic 8.0 blm dukung hardisk jenis netbook??mohon masukannya…tks.

  7. Senin, 12 April 2010 pukul 12:20 am

    lam kenal smua. Dulu partisi hardisk gw ada 2 yaitu c dan d. Stlh gw instal ulang os windows dan gw delete partisi d maka partisinya cuma c aja. Nah gw mau bikin partisi d lg gmana ya? Gw udah nyuba pake instal os windows dan create partisi lg tp kug tetep ga bsa?

  8. 10 ari s n
    Sabtu, 8 Mei 2010 pukul 10:25 pm

    Tolong donk di perjelas lagi cara pembuatan partisi hd dg jalan masuk kontrol panel/my computer untuk mempermudah saya ….. :D

    makasih ya tangapanna ….. salam kenal …………

  9. 11 kanda
    Sabtu, 15 Mei 2010 pukul 2:30 am

    mas mau nanya nih …, selesai kita mengikuti langkah : buka my computer–> klik kanan pada icon my computer –> manage –> disk management.
    trus langkah apa lagi yang dilakukan ??
    makasih sebelumnya

  10. Senin, 11 Oktober 2010 pukul 1:17 pm

    tlng dijawab mas,,, ane baru aja booting hardisk pake norton gost di motherboot intel, isi bootingan ane untuk motherboot AMD, knp di motherboot intel ga’ bisa masuk windows? tapi blm dicoba di motherboot AMD. apa karena bootingan saya gagal? mohon pencerahan

  11. 13 okta
    Sabtu, 16 Oktober 2010 pukul 7:31 am

    payah euy penjelasannya kurang jelas sekali, masa tahapannya cuma gitu doank. mending gak usah bikin artikel aja bro.

  12. 14 pelajar
    Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 10:31 am

    mas artikelnya kurang spesifik pada partition magic.

  13. Minggu, 14 November 2010 pukul 3:53 pm

    dear mas wahyu,

    Salam kenal

    Saya Lulus Suharyadi umur 30 thn. mempunyai permasalahan denganlaptop saya,yaitu:
    di partisi C sebesar 20 GB,used 19 Gb dan free 1 Gb…dan sudah masuk limit sehingga laptop menjadi agak lamban, saya mau menambah volume partisi di C tanpa format bisa apa tidak, sementara di partisi D masih tersisa 54GB.
    Laptop ACCER,Aspire 4520.Window vista,1,5 GB DDR2(sudah di upgrade).
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  14. Selasa, 30 November 2010 pukul 10:50 am

    Kalao mau membuat partisi baru untuk install linux tlg info nya.

    Munsarif

  15. 17 faid
    Senin, 10 Januari 2011 pukul 5:04 am

    bro saya udah download partion magic 8.2 full seperti Link yg telah anda share di atas

    cara meng-install agar menjadi full bisa di shared secara jelas ga..soalnya ga ada tutor nya

    thanks…

  16. 18 Yoga
    Jumat, 14 Januari 2011 pukul 9:20 pm

    Mas Kalo membuat os nya gimana ya? soalnya susah kalo notebook harus cari dulu cd/dvd roomnya

  17. 19 Balya
    Minggu, 6 Maret 2011 pukul 5:48 pm

    Gimana kalau mau partisi harddisk tanpa format partisi yang sudah ada……….

  18. Senin, 28 Maret 2011 pukul 4:03 pm

    misi mas..!!!
    saya pernah gunakan magic partion truz udh jadi partisi D,dan E nya…
    tp malah ke hapus karna adanya tunne-up…!!! malah data2 saya kehapus semua…
    gimana cara mempertahankan partisi tersebut tanpa mengunistall tunne-up yang sy gunakan…
    mohon pencerahannya…

  19. Minggu, 3 April 2011 pukul 4:18 pm

    mas mau tanya nich kalau mau buat partisi lagi pke partition magic kemugkinan buruk yang terjadi buat os dan aplikasi di pc apa ajh…….ya….. tolong pencerahannya….. balas ke alamat email saya ya

  20. 22 abilasalsa
    Senin, 22 Agustus 2011 pukul 4:26 am

    mas mau nanya nih …, selesai kita
    mengikuti langkah : buka my
    computer–> klik kanan pada icon
    my computer –> manage –> disk
    management.
    trus langkah apa lagi yang dilakukan ??

  21. 23 gendos
    Jumat, 10 Februari 2012 pukul 8:12 am

    salam kenal semuanya,
    mas ane gendos, mau nanya neh… gmana sih caranya cloning semua software/program yang ada dalam sebuah hardisk ke beberapa hardiskl yang lain…???

  22. Minggu, 26 Februari 2012 pukul 9:12 am

    lam kenal mas…… noviandi laptop saya kenapaya ko cd RW ko ga bisa baca DVD padahal di DVD player yg jualan bisa kebaca tapi ada juga yg ke baca apa…..? makasih sebelumnya mas.( BIMO CAHYO)

  23. Minggu, 26 Februari 2012 pukul 9:36 am

    mas saya mau konsol ngerakit PC kalau idealnya partisi C berapa GB buat DSEN GRAPIS sama TEXTILE ada .3D nya uga untuk bagusnya di buat berapa partisi mas…? prosesornya CORE i7 hardisnya 500GB Ramnya 4GB Untuk VGA nya yg bagus berapa GB tipenya apa…? VGA ATI baguga ya..?

  24. Minggu, 11 Maret 2012 pukul 11:14 am

    Yang tanya banyak, gak ada jawaban sama sekali…. gimana ini,.. adminnya molor apa ya…..

  25. 27 UayZ072
    Sabtu, 7 April 2012 pukul 8:04 pm

    Aslm..Bosku Mau Tanya Gimana Sich cara Bqqin aplikasi pada harddisk untuk instal windos sekaligus aplikasix..yang kya oarang pke instal komputer diMall2..tq.

  26. 28 frans
    Jumat, 13 April 2012 pukul 11:05 pm

    Bos tolong stepnya yg jelas dong… sy ud ikutin step via my computer tp sy bingung saat ngebagi partisinya. Di disk management emang tampil dua partisi (disk 0 & disk D), sampe di situ sy kg tau lg gmn cara ngebagi partisinya. Tq bos

    Please balas bos…

  27. Kamis, 9 Agustus 2012 pukul 11:08 am

    kurang panjang penjelasannya gan

  28. 30 dedi
    Minggu, 16 September 2012 pukul 10:33 am

    gan partisi harddisk local disk C saya ada 300 gb , OSx windows 7 . trus knp ga bisa dibagi lagi ?

  29. Selasa, 6 November 2012 pukul 1:19 pm

    hardisk nya brkpasitas 150 gb cara membuat partisi nya gimana ,,,,,, harddisk nya baru beli

  30. Rabu, 20 Februari 2013 pukul 7:48 pm

    Kalau partisi harddisk yang baru beli gmn gan caranya?


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

